Monday, February 26, 2007

DR UMAR HASAN SAPUTRA SANG PENEMU


Indonesia kini punya penemu yang hasil karyanya cukup fenomenal. Umar Hasan Saputra, sang penemu itu, telah berhasil menciptakan sebuah formula yang diberi nama teknologi pembentukan nutrisi esensial. Formula nutrisi esensial, telah dibuktikan mampu meningkatkan produktivitas panen padi di beberapa daerah. Di antaranya di Karawang, Bantul, Jogja, serta Sumatera Selatan. Berikut petikan wawancara wartawan Jambi Ekspres dengan DR Saputra saat berkunjung ke Graha Pena Jambi Ekspres kemarin (21/12).
KITA semua tahu, di Indonesia ini banyak peneliti dan ilmuan. Dan sudah banyak teknologi yang berhasil ditemukan, mulai dari teknologi pertanian hingga teknologi lainnya. Anda bisa bercerita bagaimana awal mula Anda bisa menemukan formula yang begitu fenomenal di Indonesia ini?
Saya ini adalah seorang ilmuan, yang pada mulanya tertarik meneliti garam. Saya berpikir, garam yang dihasilkan dari laut ini tentunya memiliki manfaat yang banyak. Karenanya ditahun 1993, saya konsentrasi meneliti lautan yang berhubungan dengan garam. Semua literatur tentang laut dan garam saya kumpulkan, dan pada akhirnya sampailah pada penelitian didasar laut. Saya tertarik dengan makhluk hidup yang ada didasar laut, yang memiliki kedalaman diatas 10 Km.
Saya tertarik dikarenakan, bagaimana cara mahluk hidup tersebut bisa hidup. Sedangkan, pada kedalaman tersebut, oksigen saja sulit didapat. Dan dari mana mereka bisa mendapatkan makanan. Rasa penasaran tersebutlah yang menghantarkan saya akhirnya menemukan nutrisi esensial.
Berbagai ujicoba saya lakukan untuk mencari bagaimana nutrisi esensial ini bisa diciptakan. Lebih dari sepuluh tahun saya melakukan ujicoba tersebut, dan pada akhirnya saya berhasil menemukan formula bagaimana menciptakan nutrisi esensial ini tanpa mengambilnya dari dasar laut.
Apa tujuan Anda dari penelitian tersebut?
Yang menjadi tujuan saya dalam melakukan penelitian ini sebenarnya untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran penduduk di bumi ini. Kenapa saya katakan meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran penduduk bumi, hal itu tidak lain untuk menjadi motivasi bagi diri saya sendiri, untuk lebih giat lagi menemukan formula-formula lain yang bisa bermanfaat bagi orang banyak.
Tidak bisa dipungkiri, dibalik ketenaran Anda tidak terlepas dari dukungan yang diberikan oleh Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. Apakan Anda yang memperkenalkan nutrisi Saputra ini ke pada Bapak Presiden ?
Saya tidak tahu secara pasti, yang jelas saya tidak pernah memperkenalkan pupuk tersebut kepada Presiden SBY. Namun, karena SBY sangat peduli dengan kemajuan teknologi, khususnya yang bergerak dalam bidang pertanian, karenanya dia mengetahui tentang penelitian yang saya lakukan.
SBY tidak hanya mengikuti perkembangan penelitian yang dilakukan oleh saya saja, akan tetapi seluruh ilmuan yang melakukan riset teknologi, perkembangannya selalu diamati oleh SBY. SBY memiliki tim khusus yang mengamati tentang perkembangan ini.
Setiap kali saya melakukan uji coba, tim yang dibentuk oleh Presiden ini selalu mendampingi saya. Dan mereka selalu memberikan laporan dari hasil uji coba yang dilakukan oleh saya kepada Bapak Presiden. Karenanya, begitu mengetahui uji coba yang saya lakukan tersebut berhasil, tim ini langsung melaporkan kepada SBY.
Jadi, semua yang diucapkan oleh Presiden tersebut, berdasarkan laporan yang diberikan oleh tim yang ia bentuk. Bukan saya yang memberikan laporan, ataupun memberikan hasil penelitian kepada SBY.
Sebagaimana yang diketahui, bahwa keberhasilan seseorang tersebut tidak terlepas dari peran keluarga. Anda saat ini bisa dikatakan telah berhasil dalam menemukan formula yang berguna bagi masyarakat banyak khususnya di Indonesia. Bagaimana pendapat Anda tentang peran keluarga, terutama istri dalam menentukan keberhasilan Anda menemukan nutrisi esensial tersebut ?
Memang tidak bisa dipungkiri bahwa keberhasilan seseorang tersebut sangatlah tergantung pada peran keluarga, terutama sang istri. Saya meyakini keberhasilan seseorang itu, 90 persen diantaranya ditentukan oleh istri. Dan hal tersebut tidak bisa dipungkiri, begitu juga dengan saya.
Dilain pihak, orang baru bisa dikatakan berhasil apabila ia berhasil dalam membina keluarganya. Jika tidak demikian, maka orang tersebut belum dapat dikatakan berhasil. Dan bagi saya, disamping melakukan penelitian, saya juga selalu menjaga hubungan dengan keluarga. Yakni, memanfaatkan waktu luang dengan berkumpul bersama istri dan dua orang anak saya.
Jika saya jauh dari mereka, saya selalu menghubungi mereka. Terutama sang istri, saya selalu menghubunginya. Karenanya saya mengingatkan kepada semua orang, istri itu memiliki peran yang cukup penting dalam menentukan kesuksesan kita. Karenanya kita harus memberikan perhatian yang lebih kepada istri dan menyayanginya.
Setelah Anda berhasil menemukan formula yang begitu bermanfaat bagi petani dan bagi orang lain. Apa yang menjadi target Anda ke depan nantinya ?
Tentu ada target yang ingin dicapai kedepannya. Saya ingin terus mengembangkan penelitian saya ini, dan saya tidak mau berhenti sampai disini. Untuk itu, saya membentuk Saputra Imajination yang tugasnya adalah melakukan penelitian. Meskipun saya sekarang ini jarang melakukan penelitian, namun ilmuan-ilmuan yang tergabung dalan Saputra Imajination terus melakukan pengembangan teknologi tersebut.
Saya mempunyai prinsip, jika orang lain saat ini sedang duduk, maka saya harus sudah bisa berdiri. Jika orang tersebut bisa berdiri maka saya harus bisa berjalan. Dan jika mereka bisa berjalan maka saya harus bisa berlari. Yang terpenting dalam hidup saya, adalah maju selangkah dari orang lain.
Saya ingin menyampaikan kepada semua orang, bahwa hidup itu harus punya visi dan misi yang jelas. Jika tidak ada hal tersebut, bagaimana orang tersebut bisa sukses. Visi saya adalah ingin jadikan Allah itu besar dan semua orang menyembah kepadanya. Kemudian yang menjadi misi saya adalah ingin menciptakan kesejahteraan dan kemakmuran bagi penduduk bumi. Meskipun saya yakin misi saya tersebut, sulit terwujud hingga akhir hayat saya. Setidaknya saya akan tetap berjuang sampai akhir hayat saya untuk mewujudkan misi saya tersebut.

No comments: